ITS masuk 100 besar WEBOMETRIC

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama dua perguruan tinggi negeri (PTN) lain di Indonesia masuk peringkat 100 besar versi Webometrics (pemeringkatan publikasi ilmiah melalui web/laman universitas se-dunia).

"Penilaian itu masih bersifat kuantitatif dalam bentuk pemeringkatan, jadi perlu ditindaklanjuti dengan peningkatan kualitas pembelajaran di ITS sendiri," kata Pembantu Rektor (PR) I ITS Prof Arif Djunaedi di Surabaya, Jumat (21/1/2011).

Ia mengemukakan hal itu menanggapi pemeringkatan versi Webometric dengan posisi ITS pada peringkat ke-60, kemudian Universitas Diponegoro (Undip) Semarang pada peringkat ke-70 dan Universitas Sumatera Utara (USU) Medan pada peringkat ke-91.

Webometrics merupakan pemeringkatan laman (web) yang disusun oleh Cybermetrics Lab sebagai grup lembaga penelitian yang menjadi bagian dari "Consejo Superior de Investigaciones Cientificas" (CSIC) atau badan penelitian masyarakat terbesar di Spanyol.

Pemeringkatan Webometrics untuk Repositori Institusional pada Januari 2011 itu bertujuan mengukur komitmen perguruan tinggi dalam memberikan akses masyarakat terhadap penelitian yang dikeluarkan melalui laman miliknya, seperti jurnal ilmiah, tesis, disertasi, skripsi, dan sebagainya.

Repositori Institusional merupakan pemeringkatan yang dilakukan dengan mengacu berdasarkan pada empat kriteria, yakni Size (jumlah halaman yang tertangkap situs pencarian), Visibility (dilihat dari jumlah backlink), Rich Files (jumlah file dokumen), dan Scholar (jumlah paper dan sitasi di Google Scholar).

Menurut PR I ITS Arif Djunaedi, masuknya ITS dalam rangking "100 besar" dunia itu tidak lepas dari publikasi riset, baik melalui jurnal ilmiah maupun website resmi ITS.

"Jumlah penelitian di ITS memang mengalami kenaikan yang diikuti publikasi internasional. Kami menyadari kunci utama bisa sejajar dengan universitas dunia adalah dengan memperbanyak publikasi penelitian ilmiah," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus mendorong civitas akademika ITS untuk melakukan penelitian sesuai dengan kompetisinya.

Tahun lalu, Undip menempati peringkat ke-49 dalam pemeringkatan pada Juli 2010, tapi kini turun ke peringkat 70, sedangkan ITS naik dari peringkat ke-227 pada tahun lalu menjadi peringkat ke-64.